Kamis, 23 Januari 2020

Setiap Orang Punya Ciri

Pasti ada diantara kalian yang merasa geram dengan sikap yang dilakukan oleh orang-orang disekitar kalian. Nah, ada sedikit cerita yang ingin aku bagikan pada kalian berhubungan dengan sikap seseorang. Selamat membaca!

Aku berdiam melihat dan memperhatikan orang-orang sekitar. Mencoba meneliti arti adanya setiap orang yang didatangkan kedalam kehidupanku. Ada yang Tuhan berikan untuk menguji kesabaranku, ada yang diberikan untuk menemani perjuangan kehidupanku, ada yang diberikan untuk menemani hari-hariku lalu mengujiku dengan pergi meninggalkanku, ada yang diberikan untuk mendongkrak semangatku, ada yang diberikan untuk menguatkanku, ada yang diberikan untuk sekedar mewarnai hidupku, bahkan ada yang diberikan untuk menggelapkan cahaya dalam hidupku.
Berkali-kali aku berganti teman dalam bercerita mengeluh kesahkan segala yang dianggap berat untuk ditanggung sendirian. Dari situlah, dari mengenal banyak karakter aku bisa mengenal sosok baru beserta sifat juga karakter yang ia miliki.
Aku melakukan pengenalan karakter sebelum mengenal orangnya. Terkadang aku terdiam didepan orang yang belum kukenal, bukan karna aku tak ingin mengenalnya. Namun aku mencoba meneliti terlebih dahulu ia orang yang seperti apa. Sebab, aku pernah dinasihati "sebelum kau kenal dengan dia, kenali dulu siapa dia". Ini bukan sekedar nasihat. Namun bagiku ini benar-benar bermanfaat. Dari mengenal sifat, aku tinggal menentukan bagaimana aku mengambil sikap.
Jika ia orang yang mudah marah, maka sikapku harus memaklumi ketika ia marah juga berusaha tak melakukan apa bisa yang membuatnya menjadi marah.
Jika ia orang yang baik, maka sikapku akan berusaha banyak bercerita dengannya juga mencari pengalaman-pengalamannya agar aku pun bisa mencontoh darinya hal-hal yang baik.
Jika ia orang yang mudah sekali berubah-ubah sikapnya, maka sikapku berbincang dengan sewajarnya. Tak mencari-cari masalah dengannya. Cukup banyak diam ketika ia berontak dan berucap ketika memang mendesak.
Banyak orang yang mengucap bahwa "sikapku tergantung sikapmu padaku". Tapi yang kujalankan "kukenali karaktermu lalu ku ambil sikapku". Dan satu prinsip yang pernah salah satu sahabatku jalankan "aku berbuat baik pada semua orang sekalipun ia menyakitu. Sebab jika aku baik, kebaikan itu akan kembali padaku. Dan jika aku buruk, keburukan itu pun akan kembali padaku".
Banyak orang yang gagal baik-baik saja dengan orang-orang disekitarnya hanya karna ia tak memahami karakternya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar